BUKAN PROFESI, CUMA SEKEDAR HOBI

Model rumah yang cocok untuk jakarta utara dan semarang bawah ^_^


Banjir yang datang setiap musim penghujan seolah udah menjadi tradisi dikota-kota besar indonesia, dan musibah banjir bukan hanya tradisi milik kota yang letaknya didataran rendah saja karena beberapa kota yang didataran tinggi pun ternyata tak luput dari musibah banjir. Kota bandung misalnya, setiap musim penghujan seringkali terjadi banjir! Padahal kota ini letaknya didataran dengan ketinggian ±768 m diatas permukaan air laut. Kok bisa ya? Aneh kan……??  :roll:

Jadi, alasan yang menyebabkan banjir adalah karena daratannya lebih rendah dari permukaan air laut itu saya rasa kurang benar, kalau emang lebih rendah dari laut yaa….saya jamin daratannya mungkin udah jadi rawa :P
Kalau menurut saya, musibah banjir yang sering terjadi bukan karena hal diatas, tapi karena aliran air yang terhambat dari hulu kehilir sehingga menyebabkan air tertahan cukup lama didaratan bahkan yang disungai malah tumpah / meluber kemana-mana karena ga muat menampung air dan air pun mencari jalan alternatif. Bila air yang luber tersebut menemui jalan buntu lalu terjebak pada daerah cekungan tanpa bisa meresap ketanah maka akan menjadi genangan alias banjirrr, dan inilah yang terjadi dikota-kota besar kita.
Minimnya kolam / sumur resapan air dikota-kota besar, apalagi banyak permukaan tanah yang tertutup beton & aspal menyebabkan air tidak bisa terserap oleh tanah, akibatnya genangan air yang tercipta pun lama surutnya (kecuali kalau dikuras)…….. :P
Solusi untuk mencegah terjadinya banjir akibat genangan ya dengan memperlancar aliran air agar bisa secepatnya mengalir ke laut, plus gimana caranya agar tanah bisa menyerap air dengan baik dengan volume yang banyak.

Lain halnya dengan daerah pinggiran laut yang tinggi permukaan tanahnya kurang dari 1 meter, misalnya disebagian wilayah jakarta utara, sebagian wilayah semarang bawah, dan juga kota-kota lainnya di sepanjang pantura, banjir / genangan yang terjadi bukan hanya karena hujan, tapi seringkali juga karena naiknya permukaan air laut alias rob. Hal ini tentu sulit mengatasinya kecuali dengan menaikkan ketinggian daratan, tapi sayangnya permukaan tanah diwilayah tersebut mengalami penurunan terus menerus sehingga upaya tersebut pun seolah menjadi sia-sia, tidak efektif.
Perlu anda ketahui, didaerah tambak lorok (semarang), penduduk yang tidak mampu menambah ketinggian lantai rumahnya akan kehilangan rumahnya hanya dalam waktu beberapa tahun dikarenakan rumahnya akan tergenang air yang ga surut-surut bahkan bertambah tinggi permukaan airnya, lama-lama rumah itu pun ambles sampai atap-atapnya, akhirnya jadilah kolam….. :roll: Jadi, setiap tahun mereka harus rutin meninggikan lantai rumahnya. Ckckckck………..
Hal ini disebabkan karena diwilayah tersebut penurunan permukaan tanahnya cukup cepat, ditambah naiknya permukaan air laut karena mencairnya es dikutub akibat pemanasan global semakin memperparah kondisi ini. Tapi sepertinya bukan hanya 2 hal itu saja, kemungkinan ada faktor lainnya yakni hanyutnya tanah sehingga garis pantainya pun meluas kedaratan. Coba kalau ada hutan mangrove (bakau) diwilayah tersebut, saya yakin amblesnya ga akan begitu parah seperti sekarang ini.

Udahan ah ngomongin soal banjirnya, niat saya kan cuma ngasih unjuk model rumah yang cocok untuk wilayah yang sering kena banjir terlebih banjir rob….. :mrgreen:
Sebenarnya siy ini gambar-gambar resort yang ada di maldives / maladewa, tapi cocok banget kan kalau dibangun diwilayah langganan banjir rob…..?!! :mrgreen:
Nih, silahkan dinikmati……… :D

Ehh,, kalau gambar yang paling bawah siy cocoknya untuk nemenin tinggal dirumah :mrgreen:

About these ads

5 tanggapan

  1. enth

    neng maldive banyu ngisore bening. lha neng semarang ? isine tai karo softek bekas :mrgreen:

    25 Februari 2012 pukul 9:43 PM

    • xixixixx…..
      Kudune banyu neng ngisore minimal kyk pantai bandengan jeporo :D

      1 Maret 2012 pukul 8:09 AM

  2. apik banget kang modelnya…apa lg yg bawah :D

    25 Februari 2012 pukul 10:34 PM

    • isih apik model neng blogmu bim :D
      hehe

      1 Maret 2012 pukul 8:10 AM

  3. mantep kang. J0ss p0k0ke

    1 Maret 2012 pukul 8:24 PM

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.192 pengikut lainnya.