BUKAN PROFESI, CUMA SEKEDAR HOBI

Sekilas Tentang Wedung Part I

Dalam artikel ini cahwedung ingin memperkenalkan sedikit tentang kampung halaman kami yaitu kecamatan Wedung (promosi)😆
Kali aja pengunjung blog cahwedung ada yang tertarik untuk main ke wedung dan ingin melihat bagaimana wilayah yang dulunya pada abad ke-12 masih merupakan sekumpulan pulau-pulau kecil dan perlahan-lahan mengalami sendimentasi hingga kini menjadi sebuah daratan luas, dengan sedikit jejak-jejak sejarah dari kerajaan-kerajan dijawa pada masa jayanya dulu. Dan kali aja anda yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng tapi belum laku masih jomblo bisa menemukan jodohnya di wedung:mrgreen:

Wedung adalah sebuah kecamatan di kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Kecamatan Wedung merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Demak yang terletak di pesisir pantai laut jawa dengan luas wilayah seluas 93.876 ha merupakan 11 persen dari seluruh wilayah di Kebupaten Demak. Oleh karena itu Kecamatan Wedung merupakan Kecamatan yang memiliki luas wilayah paling lebar di Kabupaten Demak. Tanah di Kecamatan Wedung terdiri dari 5.457 ha tanah sawah dan 4.419 ha tanah kering. Dengan jumlah penduduk sebesar 80.827 jiwa (berdasar data dari Badan Pusat Statistik) yang terdiri dari 39.305 laki-laki dan 41.522 perempuan.


Disektor pertanian, Kecamatan Wedung menempati urutan kedua jumlah produksi bersih untuk tanaman padi dengan jumlah sebesar 56.631 ton padi.

panen...

Selain padi, tanaman pangan lain yang banyak terdapat di Kecamatan Wedung antara lain jagung, ketela rambat, sedangkan untuk tanaman kacang tanah, kacang hijau, kedelai hanya sedikit yang ditanam di Kecamatan Wedung. Sedangkan untuk tanaman perkebunan yang ditanam di Kecamatan Wedung antara lain tebu rakyat, kapuk randu, dan kelapa hibrida. Sedangkan tanaman perkebunan yang baru-baru ini jadi trend adalah semangka dan melon

sawah yang ditanami semangka

Untuk tanaman bawang merah banyak ditanam di desa kenduren, tempel, jetak, dan jungsemi. Binatang ternak yang biasa di pelihara masyarakat di Kecamatan Wedung antara lain kerbau, kuda, kambing, unggas dll. Karena letaknya yang dipesisir pantai, di Kecamatan Wedung terdapat tempat pelelangan ikan yang masih aktif yaitu tempat pelelangan ikan wedung. Selain ikan hasil tangkapan dari laut, di Kecamatan Wedung banyak dipelihara ikan darat antara lain tawes, mujair, karper, lele, udang dan benur.

perahu nelayan disungai Kanal, salah satu sungai diwedung

Produk dan barang yang dihasilkan dari industri besar/sedang, kecil, dan rumah tangga antara lain garam, pengeringan/presto/pengasapan ikan, pembuatan krupuk udang/tengir, terasi, permainan anak-anak dan konveksi. Daerah industri rumah tangga banyak terdapat mutih kulon, kendalasem, tedunan, kedung karang, babalan, berahan wetan, kedung mutih, bungo dan jungsemi.

pasar utama kecamatan wedung

Ingin tahu sedikit sejarah tentang wedung?

Silahkan baca disini….:mrgreen:

2 responses

  1. faza jetak

    bravo wedung!!!!bktkn&jdkn wedung sbgai kcmtn yg brhsil,salaaam dr pati

    26 November 2011 pukul 1:19 PM

    • berhasil apa dulu niy….??:mrgreen:
      salam juga dari wedung😀

      30 November 2011 pukul 1:41 PM

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s