BUKAN PROFESI, CUMA SEKEDAR HOBI

Rumah & Perabot

Menyepelekan Analisa Tingkat Kepadatan Tanah, Fatal Akibatnya!!

Pengerjaan bangunan tanpa mempertimbangkan / menghitung tingkat kepadatan tanah dimana bangunan tersebut akan didirikan bisa berakibat fatal, dan tidak jarang efek buruk dari kecerobohan tersebut terjadi ketika bangunan sudah selesai & ditempati.
Banyak faktor yang harus diperhatikan dalam membangun pondasi
agar bangunan bisa berdiri tanpa bergeser maupun ambles, antara lain kita harus memperhatikan faktor struktur lahan, tingkat kepadatan tanah, & daya serap air. Perlakuan pada lahan bakal bangunan, jenis pondasi yang akan dipakai & tingkat kedalamannya pun akan berbeda menyesuaikan jenis tanahnya.
Lihat gambar dibawah ini:
GambarBangunan diatas belum lama selesai pengerjaannya, mungkin baru beberapa bulan, dan kondisinya baik-baik saja.
Sampai suatu ketika hujan deras mengguyur seharian dan air banyak menggenangi tanah sekitar bangunan, tiba-tiba…… (lebih…)


Interior tradisional gaya jepang


Penataan interior adalah sebuah seni yang selalu bergerak dinamis, berbagai gaya dan konsep diusung mulai dari konsep minimalis, klasik, meditarian, hinggal tradisional.
Kini mungkin konsep minimalis yang sedang menjadi primadona banyak orang dalam memilih konsep interior rumah. Namun bagi anda yang ingin tampil berbeda, konsep tradisional ala jepang mungkin (lebih…)


Membuat lampu hias minimalis


Ditempat pengrajin / pembuat kusen pintu & jendela (pertukangan) kenalan saya,  ada banyak sekali sisa potongan kayu (limbah produksi). Diantara limbah kayu tersebut ada sisa potongan kayu (lebih…)


A sense of calm…….

Lampu hias kreasi saya yang ini berbahan kayu dengan finishing cat ala besi tempa, dan peredam cahaya dari bahan mika bermotif sulur
(lebih…)


Sendi Naga, produk stand lamp dari donalterores ^_^

Melintir, mungkin itu yang langsung terlintas dibenak anda jika melihat lampu lantai / stand lamp dibawah ini :mrgreen:

standing lamp

standing lamp

Bentuk melintir dari lampu ini awalnya terinspirasi dari angka 8, tapi setelah jadi ternyata mengingatkan saya pada (lebih…)


Lampu meja pengantar tidur, produk dari donalterores

Saat tidur malam, sebagian besar dari kita mengalami rasa tidak nyaman bahkan susah tidur jika ruang kamar dalam keadaan terang, karena silau. Juga kurang nyaman jika ruang kamar dalam keadaan gelap, beberapa orang bahkan merasa sesak nafas jika terlalu gelap gulita.
Jadi suasana ruang kamar yang bagaimana yang bisa memberi suasana nyaman menjelang tidur?? (lebih…)


Penyekat / partisi ruangan sederhana & ringan

Sekat atau pembatas antar ruang yang bisa dipindah-pindah tata letaknya memang efisien & fleksibel, biasanya digunakan untuk memisahkan antara ruang tamu dan ruang keluarga untuk menjaga privasi penghuni rumah.
Dahulu……kita umumnya menggunakan lemari pajang, bufet, meja rak, dan sejenisnya sebagai pembatas ruangan. Dan disitu biasanya dipajang aneka barang entah foto, piala, barang koleksi, dan lain-lain untuk mempercantik tampilannya. Tapi, kekurangan dari pembatas ruangan jenis ini adalah berat untuk memindah-mindahkannya dan cukup memakan tempat.

Bagi anda yang menginginkan sekat yang fungsinya hanya sebagai pembatas ruangan, tidak banyak makan tempat, mudah dan ringan untuk dipindah-pindah, bisa diatur / disesuaikan dengan luasan ruangan, dan tentu bisa mempercantik interior, mungkin anda bisa (lebih…)


Model rumah yang cocok untuk jakarta utara dan semarang bawah ^_^


Banjir yang datang setiap musim penghujan seolah udah menjadi tradisi dikota-kota besar indonesia, dan musibah banjir bukan hanya tradisi milik kota yang letaknya didataran rendah saja karena beberapa kota yang didataran tinggi pun ternyata (lebih…)


Rumah gaya mediterania klasik, pesonanya tak usang oleh waktu…….


Selera zaman yang berubah-ubah akan memunculkan trend yang baru, sedangkan trend yang telah lewat akhirnya menjadi biasa saja bahkan akan dibilang ketinggalan zaman. Tapi meskipun demikian, ada istilah yang mengatakan bahwa desain yang klasik tidak akan “ketinggalan jaman” dan bisa mengikuti trend sepanjang masa, begitu pula halnya dengan model rumah.

Trend model rumah sekarang adalah bergaya minimalis, rumah bergaya minimalis lain dengan rumah minimalis (hal ini akan kita bahas pada artikel lainnya), dan trend bergaya minimalis ini menurut saya akan bertahan cukup lama mengingat (lebih…)


Tree of Light, produk stand lamp dari VormStudio



Stand lamp (lampu lantai) yang diberi nama Tree of Light ini adalah karya desain dari VormStudio, dibuat dari kayu sejenis kayu jati atau kayu ek dan mempunyai tinggi kira-kira 2 meter.
Selain fungsinya sebagai lampu hias, fungsi utama lampu ini dimaksudkan sebagai lampu baca ataupun lampu kerja, jadi bukan seperti lampu hias pada umumnya yang (lebih…)


Aneka model tangga minimalis


Simple, clean, efisien. 3 poin itulah yang menjadi dasar dari model tangga aliran minimalis. Tangga minimalis lebih mengutamakan fungsi utama sebuah tangga dan efisiensi ruang, meski tidak banyak variasi & detail tapi tetap terlihat bagus dan tidak terkesan “ala kadarnya”. (lebih…)


Pagar minimalis, ramah & apa adanya……..


Pagar rumah yang terbuat dari tembok  yang tinggi & minim lubang memang akan memberi rasa aman & privasi yang lebih pada penghuni didalamnya, tapi pagar tembok yang seperti itu akan memberi kesan tak ramah + angkuh terhadap tetangga & lingkungan sekitarnya.
Bila halaman rumah didalam pagar tembok itu sempit, dan misalnya saya yang tinggal didalamnya maka saya pasti akan merasa terpenjara oleh pagar tembok itu sendiri, bagaimana tidak? Orang pandangan mata kita terbatas oleh pagar tembok, jadi ya cuma bisa lihat tembok, bumi, dan langit. Beruntung kalau ada pesawat yang lewat atau burung lagi terbang, jadi kita bisa lihat pemandangan yang lain….. (halaahh) :mrgreen:
(lebih…)


Aneka model pagar dari kayu, sederhana & apik ^_^

Terkadang saya bosan melihat pagar-pagar  rumah jaman sekarang yang rata-rata terbuat dari tembok dan besi, udah jarang sekali saya melihat pagar kayu kecuali kalau lagi pulang kampung didesa :)

Sebenarnya bila didesain dengan apik pagar kayu pun ga kalah menarik tampilannya dari (lebih…)


Kubus Ajaib

Apakah anda termasuk orang yang suka main mainan klasik yang berupa kubus yang bisa diotak-atik (cube rubik) ?
Mungkin anda akan tertarik juga dengan kubus yang satu ini:

Eitsss…………..tunggu dulu, ini bukanlah kubus mainan seperti yang anda bayangkan! :D
Kubus yang satu ini adalah (lebih…)


Rumah dari tumpukan batang pohon ??

Gambar dibawah ini bukanlah setumpukan batang pohon (log) biasa, tapi ini adalah sebuah rumah! Haahh?? :roll:

Yup,, ini adalah rumah seorang (lebih…)


Denah sederhana rumah cantik minimalis

Setelah banyak yang menanyakan lewat komentar langsung maupun lewat email tentang bagaimana isi denah rumah minimalis dengan desain yang cantik seperti gambar dibawah ini pada artikel sebelumnya

Kali ini saya ingin menjawabnya dengan menampilkan denah hasil kreasi saya sendiri, terus terang saya tidak tahu denah asli dari gambar rumah diatas dan gambar rumah yang cantik tersebut adalah bukan karya desain saya.

Nah……. berikut ini denah yang saya buat berdasarkan tampilan luar dari gambar rumah diatas dengan sedikit penyesuaian. (lebih…)


Selamat Tahun Baru 2012. Are You Ready?

Tahun 2011 tinggal beberapa jam lagi, setiap orang sudah siap-siap menanti peralihan tahun menuju 2012. Apakah anda udah siap menghadapinya??

Saya ingin menebarkan semangat optimisme dalam berkarya menghadapi tahun 2012, terutama bagi teman-teman yang masih nganggur dan mencari peluang, spesial bagi teman-teman yang sedang merasa terpuruk. Agar kita semua lebih semangat giat kreatif dan jeli dalam mencari jalan sukses. Juga mengingatkan terutama untuk diri saya sendiri agar lebih hati-hati dan tidak sembrono lagi dalam bereksperimen (maklum, udah bawaan orok) :oops:
*cape deech…….. :)

Hmm…..kira-kira seperti apa ya (lebih…)


Bikin Hiasan Dinding Dari Piring Yuukk……

Anda punya piring yang unik, antik, bahkan kuno & langka ??
Atau mungkin anda kolektor ??
Piring yang unik, antik,  ataupun piring yang kuno & langka akan lebih bagus kalau dipajang sebagai hiasan dinding. Nilai seninya bisa kita nikmati jika kita pajang sebagai hiasan daripada sekedar dieman-eman disimpan dan ditumpuk dalam lemari saja.

Piring-piring tersebut bisa sebagai penghias dinding sama seperti halnya lukisan atau foto. Bahkan piring kuno yang antik kalau digantungin pada dinding kadang terlihat lebih unik & artistik dibanding lukisan atau foto :)

Ceritanya gini, kemarin kebetulan saya dimintain tolong oleh seorang teman yang mau menikah untuk mengkreatifi tampilan uang mas kawinnya agar bisa terlihat menarik jika dipajang.

Idenya sih sudah ketemu, yaitu saya tempelin aja uang logamnya dipiring lalu saya masukin dalam sebuah bingkai kotak, sedangkan uang kertasnya bisa dijejerin dibawah piring. Tapi berhubung belum sempat beli bahan-bahan untuk bikin kotak bingkainya, iseng-iseng saya bikinin gantungan aja dulu agar bisa digantung didinding daripada ditaruh begitu saja kayak berantakan :mrgreen:

Toh, kalo mau dimasukin kedalam bingkai pun harus dipasang beginian juga agar ga berubah posisinya didalam kotak bingkai :D

piring hias buat mas kawin

Dan berikut caranya agar piring hias kita bisa nempel (digantung) pada dinding, gampang banget kok! Bahkan bisa dikerjakan diatas kasur :P
Cekibrott bro & sis…. :mrgreen: (lebih…)


Apa Sih Rumah Minimalis Itu?

sketsa rumah minimalis

Seorang pengunjung blog ini bertanya melalui email saya tentang maksud dari istilah gaya minimalis pada artikel sebelumnya, khususnya tentang rumah bergaya minimalis. Pertanyaannya sih sederhana, tapi sepertinya membutuhkan jawaban yang tidak sederhana agar lebih memuaskan rasa ingin tahunya tentang istilah rumah minimalis, begitulah… :D

Untuk itu, ga ada salahnya kalau saya tulis sebagai artikel saja. Mungkin dengan ini saya juga bisa memberi gambaran kepada pengunjung lain yang belum mengerti, dan bisa mendapat tambahan pengetahuan dari pengunjung lainnya yang sudah mengerti. ;)Rumah minimalis tipe 45

(lebih…)


Tangga unik & kreatif, tapi……

Cahwedung suka dengan hal-hal yang kreatif  & unik, termasuk dengan kreatifitas dalam mendesain bentuk tangga.

Berikut ini ada beberapa model tangga yang menarik untuk dilihat, tapi untuk meniru bentuknya, cahwedung pasti akan berpikir 100x :D

Mungkin anda juga demikian, coba lihat deh…

Orang yang gendut bobotnya lebih pasti was-was kalau mau melewati tangga ini…

Apalagi kalau lagi sakit kepala atau mabuk, jangan deh coba-coba naik…. :lol:

(lebih…)


Desain rumah minimalis dengan halaman yang manis

Gambar-gambar desain rumah kecil dibawah ini sangat menarik bagi saya, meskipun lahannya terbatas tapi tetap bisa memaksimalkannya untuk menyediakan ruang halaman yang “cukup lega” :)

(lebih…)


Satu sofa bermacam bentuk

Melihat sofa (tempat duduk) yang ada dirumah kita bentuknya permanent alias ga bisa diubah-ubah bentuknya terkadang bisa membuat kita bosan memandangnya. Paling umum yang kita lakukan cuma dengan mengganti kain pelapisnya saja atau bahkan hanya mengatur tata letaknya aja biar kita ga merasa bosan + senep (mual) dengan pemandangan yang itu-itu melulu :mrgreen:
Nahh….gimana kalau sebuah sofa bentuknya bisa diubah-ubah..? Pasti akan lebih asik deh :D
Lihat sofa dibawah ini! (lebih…)


Kamar mandi yang ringkas

Apakah ruang untuk kamar mandi anda sangat terbatas?
Kamar mandi yang sempit & pengap akan membuat kita jadi tidak betah untuk berlama-lama didalamnya. Padahal sebenarnya mandi bisa jadi moment untuk merefresh pikiran agar jadi lebih segar & santai kembali, terutama jika sedang banyak pikiran…
Bagaimana agar kamar mandi terasa nyaman dan aktifitas mandi terasa menyenangkan??

Solusinya, mungkin anda bisa memakai bathub seperti dibawah ini?
tampak depan (lebih…)


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.192 pengikut lainnya.