BUKAN PROFESI, CUMA SEKEDAR HOBI

hitungan weton jawa

Ada banyak versi hitungan weton dalam budaya jawa, dan rumus hitungan dibawah ini yang biasanya paling banyak digunakan, soal gimana hasilnya ya wallahu a’lam :mrgreen:

Hitung-hitungan angka weton jawa sbb :
Hari : Senin=4, Selasa=3, Rabu=7, Kamis=8, Jum’at=6, Sabtu=9, Minggu=5
Pasaran : Pahing=9, Pon=7, Wage=4, Kliwon=8, Legi=5

Jatuhnya Weton (jatuh hitungan Kelipatan 5)
Sandang/ Pakaian : jatuh di angka 1, 6, 11, 16, 21, 26, dst
Pangan/ Makan : jatuh di angka 2, 7, 12, 17, 22, 27 dst
Papan/ Rumah : jatuh di angka 3, 8, 13, 18, 23, 28 dst
Loro/ Sakit, musibah : jatuh di angka 4, 9, 14, 19, 24, 29 dst
Pati/ Mati, musibah : jatuh di angka 5, 10, 15, 20, 25, 30 dst

Hitung hitungan ini berfungsi untuk : ketemu jodoh, kecocokan dalam rumah tangga dll

misal ada orang mau menikah :
Si Laki-laki punya weton : Kamis Pahing (Kamis=8)+(Pahing=9) = total 17
Si Wanita punya weton Rabu Wage (Rabu=7)+(Wage=4) = total 11
17+11=28 (jatuhnya weton di papan/rumah)

Analisanya : kata para leluhur
jadi kalau menikah nanti insya Allah Bahagia, rejeki rumahnya berlimpah.
Weton Si Laki-laki lebih tinggi daripada wanita…ini yang benar karena laki-laki adalah kepala rumah tangga, kalau weton Si wanitanya lebih tinggi, dalam rumah tangga Wanita yang dominan….kalau wanita yang dominan ….apa kata dunia….he..he…he
hindari menikah kalau jatuh weton nya di loro/ sakit atau pati/meninggal, karena nanti musibah tidak ada hentinya………

Versi primbon jawa lainnya, adalah yang menggunakan hitungan penambahan dan pembagian, yakni total penambahan angka nilai hari & pasaran laki-laki & perempuan dijumlahkan lalu dibagi, dan angka sisa pembagian itulah yang dijadikan hitungan ramalan.
Tapi dalam versi ini masih ada 2 versi lagi model penghitungannya.

Versi pertama, Total angka weton kedua pasangan ditotal lalu dibagi dengan kelipatan 10,
misalnya total penambahan angka weton keduanya hasilnya 29, maka dibagi dengan  kelipatan 10, sisanya 9.
Dan jika sisanya lebih dari 7 maka angka 29 tadi dibaginya dengan kelipatan 7 sehingga sisanya 1, dan itulah hasilnya yakni tidak lebih dari angka 7.

Versi yang kedua, total angka weton dibagi dengan kelipatan 10, dan jika sisanya lebih dari 7 maka sisa hasil pembagian tadi dibagi lagi dengan kelipatan 7.
Misalnya  total nilai weton laki-laki & perempuan adalah 29, trus dibagi dengan kelipatan 10, dan sisanya 9.
Karena sisanya lebih dari 7 maka dibagi lagi dengan kelipatan 7 dan sisanya adalah 2.
hmm……dan hasil sisanya ternyata lain dengan hitungan yang sebelumnya :D

Dan berikut ini makna primbon jawa dari angka hasil sisa pembagian:
Sisa 1 disebut WASESA SEGARA, ramalan rumah tangganya: akan baik perwatakannya, besar wibawanya, & banyak budinya.
Sisa 2 disebut TUNGGAK SEMI, ramalan rumah tangganya: mudah mencari rezeki.
Sisa 3 disebut SATRIA WIBAWA, ramalan rumah tangganya: mendapat keluhuran & kemuliaan
Sisa 4 disebut SUMUR SINABA, ramalan rumah tangganya: banyak yang berguru, jadi tempat untuk mendapat pengetahuan
Sisa 5 disebut SATRIA WIRANG, ramalan rumah tangganya: mengalami kesusahan & dipermalukan
Sisa 6 disebut BUMI KAPETHAK, ramalan rumah tangganya: banyak mengalami kesedihan tapi tabah & pekerja keras
Sisa 7 disebut LEBU KATIUP ANGIN, ramalan rumah tangganya: banyak mengalami kesusahan duka nestapa dan cita-citanya sulit tercapai.

Pada angka sisa 5, 6, dan 7 isinya susah melulu, dan dalam primbon jawa hal ini yang disebut kurang jodoh.
Namun, kalau sepasang laki-laki dan perempuan udah saling mantap dan yakin dengan pasangannya, maka dalam primbon jawa disarankan juga agar calon mempelai disyarati, yakni melakukan ritual agar kejadian buruk tidak menimpa rumah tangganya kelak.
Pada sisa angka weton 5, disarankan agar salah satu calon pengantin selamatan syukuran dengan menyembelih ayam sebelum melaksanakan upacara pernikahan.
Pada sisa angka weton 6, disarankan agar salah satu calon pengantin mengubur atau menanam tanah sebelum melaksanakan upacara pernikahan.
Dan pada sisa angka weton7, disarankan agar salah satu calon pengantin menghambur-hamburkan tanah sebelum upacara pernikahan berlangsung.

Jatuhnya weton bukan kehendak kita, semua sudah ada yang mengatur, mungkin dalam berpacaran atau sebelum menikah…ini bisa menjadi bahan pertimbangan, kata orang tua dan para leluhur kadang ada benarnya…..
Tapi kalau saya pribadi, jika jatuh pada angka apes ya berusaha dan berdoa agar tidak apes tanpa perlu memutuskan tali kasih, kasian toh sang pacar…. :(
Dan karena kata orang tua dan para leluhur itu kadang ada benarnya….. maka berarti,,,,,,kemungkinan salahnya juga lebih sering, ehehe…. :mrgreen:

About these ads

32 tanggapan

  1. galah pengering

    aku nduwe betaljemur, arep maling wae ono itungane kok

    4 Agustus 2012 pukul 12:12 PM

    • angus

      PEMANASAN SINGAPURA
      RABU21 08/2013
      SHIO ON PERJALUR
      J1 : 1_4_10
      J2 : 2_5_11
      J3 : 6_9_12
      CK : 1380
      SILAHKAN DIPANGKAS LAGI SOB .
      JANGAN LUPA MAMPIR DIRUMAH KAMI KLIK AJA DIBAWAH
      http://angkajitu577.wordpress.com/
      YANG PUNYA ROOM MAKASIH BANYAK TUMPANGANNYA

      20 Agustus 2013 pukul 7:06 PM

    • IBU RISKA DI SURABAYA

      LANJUT – SGP – SENIN – 21 – OKTOBER– 2013
      ============
      AI :arrow: 3947

      CB :arrow: 5:7

      LN :arrow: 58.45.57.87.84.47…JAGA BB

      BOM :arrow: 55

      TWIN’S :arrow: 77.66
      ==========================
      UNTUK BOCORAN SGP: 2D – 3D – 4D -

      69XX. 58XX. 67XX. 25XX..BB
      ============================= :arrow: MAKASIH TMPGAN NYA SOB DIROOM NYA :arrow:
      http://angkatogel234.webs.com

      20 Oktober 2013 pukul 9:40 PM

  2. Eva

    Have a good day yah …

    18 Oktober 2012 pukul 2:07 PM

    • ^_^

      17 November 2012 pukul 8:21 PM

    • angus

      PEMANASAN SINGAPURA
      RABU21 08/2013
      SHIO ON PERJALUR
      J1 : 1_4_10
      J2 : 2_5_11
      J3 : 6_9_12
      CK : 1380
      SILAHKAN DIPANGKAS LAGI SOB .
      JANGAN LUPA MAMPIR DIRUMAH KAMI KLIK AJA DIBAWAH
      http://angkajitu577.wordpress.com/
      YANG PUNYA ROOM MAKASIH BANYAK TUMPANGANNYA

      20 Agustus 2013 pukul 7:09 PM

  3. Eva

    Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

    6 November 2012 pukul 1:44 PM

  4. jtxtop

    Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

    3 Januari 2013 pukul 9:09 PM

  5. yah, percaya saja sama yang bikin hidup ..

    3 Juni 2013 pukul 7:13 PM

  6. suriani

    Saya sudah menikah 5th dan punya 1 anak. Stelah menikah suami mengeluh karna sejak menikah pekerjaan suami jd berantakan dan suamiku jg sakit perekonomian kami jg hancur. Suami saya wetonnya senin legi, saya rabu kliwon, anak saya minggu kliwon. Apakah ada solusinya? Saya bertrimakasih banget kl ada yg bs bantu. Trima kasih sebelumnya

    15 Agustus 2013 pukul 2:31 AM

    • Dear ibu Suriani.
      Banyak faktor yg menyebabkan pekerjaan suami ibu jadi berantakan tsb., seandainya pun pernikahan suami dgn ibu memang memberikan pengaruh ke pekerjaan suami, tp pasti byk faktor-faktor X lainnya yang jadi penyebabnya, bukan semata karena pernikahan….
      Apakah karena masanya yg memang lg sulit, atau karena ada byk pemain baru (persaingan), atau….karena sebab suami ibu yg monoton dalam menekuni pekerjaannya??
      Coba dievaluasi lg….
      Perubahan jaman serta ketatnya persaingan dlm mengais rezeki sering menyebabkan kemunduran tak terduga, perlu langkah2 jitu dan penyegaran-penyegaran yg berulang-ulang dlm mempertahankan eksistensi karena trend masa dan selera akan selalu berganti, yg tdk berinovasi akan ketinggalan dan pd akhirnya tenggelam.
      Jangan lelah melakukan terobosan agar tetap bs bersaing.

      Saya yakin ibu Suriani bs berbuat lebih byk hal dlm membantu suami baik secara langsung maupun tidak, entah dengan membantu suami bekerja ataupun cukup menjadi ibu rumah tangga yg lebih baik lg, yg perlu ibu lakukan minimal lecutlah terus semangat suami ibu agar lebih giat, bersemangat, & inovatif, hindari pikiran negatif dan pesimisme, pahami bahwa kemunduran ini bukan karena pernikahan apalagi karena anak. Sebab sejatinya, menikah akan membuka pintu-pintu rezeki lainnya, dan ga ada seorang anak pun yg dilahirkan tanpa membawa rezeki.
      Dan langkah terakhir setelah bekerja & melakukan usaha semaksimalnya, tak lain adalah dilanjutkan berdoa dgn sungguh-sungguh, lalu tambahkanlah dgn amalan sedekah yg ikhlas bu…

      Mudah-mudahan ibu Suriani & keluarga akan senantiasa diberikan kesehatan & kemakmuran oleh-Nya.
      Aamiin.

      26 Agustus 2013 pukul 7:46 AM

      • suriani

        AMIN. Trims pencerahannya Pak. Saya merasa lebih plong. Sebab seorang tokoh ternama di tempatku mengatakan wetonku dan suami berjumlah 24 itu yang menyebabkan sakit dan rejeki tertutup. Saya jg dianjurkan ruwatan dengan menyediakan 100 kotak makan yg disediakan dari sana untuk diberikan pada orang yang tidak mampu. Saya bingung gimana mau menyediakan 100 kotak makan? sedangkan saya dan suami ga punya penghasilan tetap. Untuk makan aja sendiri aja masih susah. Trims Pak, penjelasan bapak tadi sangat berguna buat saya. Trima kasih. Moga Tuhan membalas amal ibadah bapak

        28 Agustus 2013 pukul 2:09 AM

      • Sama – sama bu… :)
        Seperti yg ibu ketahui, hasil hitungan weton ada byk versi, dan meski angka wetonnya sama tp nyatanya hasil ramalannya bisa berbeda antara primbon yg satu dgn primbon yg lainnya sehingga hal ini jangan selalu dijadikan patokan, apalagi ini cuma primbon yg juga disebut ilmu titen, yaitu pengetahuan yg disimpulkan berdasarkan kejadian-kejadian yg diamati & dipelajari oleh si pengarang primbon, sedangkan pengalaman tiap orang kan berbeda-beda.

        Saya ingin pengunjung blog saya jgn terlalu mempercayai, mengira-ngira boleh saja tp jgn fanatik, karena semakin percaya maka semakin kuat pula pengaruh sugestinya..
        Bagi pengunjung blog yg mau menikah, jika jatuh wetonnya apes hendaknya lebih waspada & hati-hati, siap berusaha lebih keras & harus lebih tangguh.
        Dan bagi yg udah berumah tangga dan wetonnya jatuh apes lalu kebetulan juga kena apes, saya berharap jgn menyesali & menggunakan alasan pertemuan weton yg ga tepat tersebut utk berkeluh kesah karena itu bukan solusi.

        Mengenai memberi makan 100 orang yg saya artikan itu amalan bersedekah & berbagi kebahagiaan dgn sesama memang bs mendekatkan rezeki & memperbanyak rezeki, tp amalan bersedekah sebaiknya semampu & seikhlas kita, jgn terlalu memaksakan diri utk bersedekah banyak jika memang belum mampu.
        Dalam ajaran agama yg saya anut, jika ada masalah dgn batin dianjurkan utk berdoa, membaca kitab & pahami terjemahannya maka batin kita akan tenang. Jika ada masalah dgn harta maka bersedekahlah & berusahalah lebih giat maka sedekah kita akan dikembalikan berlipat ganda.

        Nah, jika nanti udh mengamalkan tp belum juga dikembalikan maka kita harus bersabar karena itu sudah menjadi janji-Nya jd pasti ditepati-Nya. Pasti !!

        Kalau emang udh merasa kepepet banget, maka dekatilah Dia lebih dekat lagi dan lagi, lalu coba tagihlah Dia dalam doa kita agar imbalan tersebut segera diberikan-Nya pada waktu yg tepat! :)

        Semoga ibu Suriani bisa lebih mendekati-Nya agar doa-doa ibu bs terdengar lebih jelas dan bs sampai kepada-Nya lalu segera dikabulkan-Nya.
        Aamiin

        28 Agustus 2013 pukul 12:24 PM

  7. kalo hasilnya 31 gimana gan? tolong kasih tahu ya, makasih :-)

    18 Oktober 2013 pukul 11:26 PM

    • WASESA SEGARA, ramalan rumah
      tangganya: akan baik perwatakannya, besar
      wibawanya, & banyak budinya.
      begitu menurut primbon, bukan menurut saya mbak vida :mrgreen:

      19 Oktober 2013 pukul 12:36 AM

  8. Terimakasih gan :-)

    19 Oktober 2013 pukul 3:09 PM

  9. saya mau menikah tpi ketemunya 25 itu gimana solusinya

    3 Desember 2013 pukul 4:10 PM

    • SUMUR SINABA, ramalan rumah tangganya: banyak yang berguru, jadi tempat untuk mendapat pengetahuan

      24 Februari 2014 pukul 9:31 AM

  10. Kalo saya nilainya 15 dan calon saya 17
    apa bagus apa nggak mas boss
    Matur sembah nuwun
    salam rahayu

    20 Desember 2013 pukul 11:31 AM

  11. fiza

    weton q ma calon suami q 24…klw sya mlanjutkn prnikahn sya ap akn trjdi sprti ramalan primbon d’atas ?gmna solusix agar sya ttp bsa mlanjutkn hubungan sya,tlong bls scptx..mksh..

    9 Januari 2014 pukul 5:52 PM

    • untuk mbak fiza & semua pengunjung blog ini, seperti yg sudah saya terangkan diatas yakni hitung-hitungan primbon ini kan ga selalu benar, jangan terlalu dijadikan patokan.
      usaha & sugesti dari diri anda sendiri jauh lebih berpengaruh terhadap nasib anda dan pasangan.
      Tapi kalau anda sudah terlanjur percaya dengan primbon, maka ambil lah sisi positifnya.. maksud saya jika angkanya ketemu bagus maka jadikan sebagai sugesti & penambah semangat dalam usaha. Tapi jika angkanya ketemu buruk maka jadikan hal ini sebagai pengingat bahwa anda harus berusaha lebih keras dan lebih mawas diri agar kejadian buruk yg ada diprimbon tidak menjadi kenyataan. :)
      Dan sebenarnya seperti itulah cara saya menyikapi isi tebakan dari buku primbon, karena saya ingin menjauhi syirik dikarenakan terlalu percaya sama primbon :)
      #mohon maaf kalau jawaban saya kurang memuaskan

      10 Januari 2014 pukul 6:06 AM

  12. fiza

    iya mas…sya brterima ksh bnyak bwt anda…sya jd lega skrng..mksh ya mas…

    10 Januari 2014 pukul 5:59 PM

  13. Emh,hasilnya memuaskan tank you

    27 Januari 2014 pukul 8:33 AM

  14. Saya 13 suami saya 10 bgus ngk?

    27 Januari 2014 pukul 9:09 AM

  15. klo 17 sama 13 kan jd 30.. itu gimana gan penjelasannya ?
    baik atau enggak ? jawab ya..

    5 Februari 2014 pukul 10:44 PM

  16. saya mau menikah dan hasil nya 21 itu gmna tolong jelaskan

    23 Februari 2014 pukul 8:26 AM

    • @mbak erma, hasilnya SATRIA WIBAWA, ramalan rumah tangganya: mendapat keluhuran & kemuliaan

      @mbak fiza, hasilnya TUNGGAK SEMI, ramalan rumah
      tangganya: mudah mencari rezeki.

      @mentari, hasilnya WASESA SEGARA, ramalan rumah
      tangganya: akan baik perwatakannya, besark
      wibawanya, & banyak budinya.

      @all, saya kok jd peramal gini ya…?? :P

      24 Februari 2014 pukul 9:18 AM

  17. TUNGGAK SEMI, ramalan rumah tangganya: mudah mencari rezeki.

    24 Februari 2014 pukul 9:33 AM

    • risa

      klo 30 hasilnya tunggak semi ya ??
      trs klo 25 itu knapa dianggap buruk ya ?? hehe.. maaf tanya trs.. tolong dijawab.. ^_^

      24 Februari 2014 pukul 9:59 AM

  18. risa

    klo 30 hasilnya tunggak semi ya ??
    trs klo 25 itu knapa dianggap buruk ya ?? hehe.. maaf tanya trs.. tolong dijawab.. ^_^

    24 Februari 2014 pukul 10:00 AM

  19. @risa, ya mungkin karena hasil ramalannya yg susah melulu.. :D

    28 Maret 2014 pukul 11:42 PM

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.192 pengikut lainnya.